RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / I (Satu)
Jenis Teks : Teks Procedure
Aspek Skill : Menulis
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
6.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. KOMPETENSI DASAR
6.2
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks
lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. INDIKATOR
1.
Menyusun kalimat acak menjadi teks yang
padu berbentuk procedure
2.
Menulis essai
berbentuk procedure
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
1.
Menyusun kalimat acak menjadi teks yang
padu berbentuk procedure
2.
Menulis essai
berbentuk procedure
E. MATERI PELAJARAN
Teks procedure
adalah teks yang digunakan untuk memberi instruksi peringatan dan menyatakan
urutan temporal. Untuk instruksi dan peringatan , fitur tata bahasa yang
digunakan adalah kata kerja Imperative.
Untuk urutan
temporal digunakan squences seperti :
First = yang pertama Then =
kemudian
Next = berikutnya Finally =
akhirnya
And = dan After
that = setelah itu
Susunan
struktur generiknya sebagai berikut :
Text
Organization
Goal
Material
Steps
Verb1
= action verb (present) Imperative
Put Allow etc.
Pour Add
Contoh
teks procedure.
How to Serve “Gopek Tea”
First, put one Gopek tea bag into the cup. Second, pour on freshly
boiled water (150 ml), allow to stand for about 5 minutes. Then add sugar to
enchance the flavor and taste of this fine jasmine tea. A cup of Gopek tea is
ready to serve.
Dengan contoh diatas
diharapkan siswa dapat menentukan :
Aim/ Goal : how to serve a cup of Gopek Tea
Material : a bag of
Gopek tea, boiled water, a cup, a tea spoon
Steps : time squences, first,
second, then
Imperative : put,
pour, allow, add
F. METODE / TEKNIK
Metode/ teknik =
three – phase – technique
= Discussing
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Awal
Guru
bertanya jawab dengan siswa tentang materi yang mengarah pada materi yang
akan di sampaikan.
1.
Penjelasan tentang teks procedure yang
ada di materi termasuk ciri-ciri teks procedure.
b.
Kegiatan Inti
1.
Guru memberikan teks procedure pada
siswa untuk diidentifikasi agar dapat menemukan aim/goal, material, steps dan
imperative setelah siswa menemukan struktur generiknya teks procedure.
2.
Guru memberikan soal (latihan)
menyusun kata acak menjadi kalimat fungsional pendek dalam teks procedure.
Contoh:
arrange these jumble words in correct sentence
-
bag – first – cup – into –
tea – the – one
-
on – freshly – water –
second – boiled
-
stand – about – for –
minutes – to – five
-
sugar – then – flavor –
the – enchance – taste – fine – this – tea – jasmine – add – to
Guru
dan siswa membahas bersama jawaban siswa dengan cara menukar jawaban.
3.
Setelah itu memberikan soal (latihan)
kalimat acak untuk disusun menjadi paragrap yang padu dengan judul “How
Calling Someone”. Arrange these sentences into a perfect paragrap.
a.
A cup of Gopek tea is
ready to serve
b.
First, put one Gopek tea
bag into the cup
c.
Then add sugar to enchance
the flavor and taste of this fine jasmine tea
d.
Second, pour on freshly
boiled water (150 ml)
e.
Allow to stand for about
five minutes
4.
Guru menyuruh siswa untuk
mendiskusikan jawaban soal diatas secara berkelompok.
5.
Guru mengevaluasi jawaban siswa apakah
sudah menguasai teks procedure apa belum. Sudah mampu menulis kalimat pendek
sederhana apa belum (berdasarkan
hasil jawaban siswa). Sudah mampu menulis esei berbentuk procedure apa belum
(berdasarkan hasil jawaban siswa).
c.
Kegiatan Penutup
1.
Menanyakan kesulitan siswa dalam
memahami teks procedure
2.
Menyimpulkan materi
3.
Menyuruh siswa mencari contoh teks
procedure sebagai PR yaitu mengklasifikasikan generic strukturnya.
agar setelah pembelajaran ini siswa mampu membuat kalimat fungsional pendek
dan teks fungsional pendek.
|
5
menit
7 menit
8
menit
5
menit
10
menit
10
menit
10
menit
5
menit
7
menit
3
menit
|
|
|
H. SUMBER BELAJAR
1.
Contoh-contoh teks procedure
2.
Bungkus teh Gopek, kantong mie Sedaap, koran/
majalah/ buku resep/ manual
3.
Buku teks yang relevan
I. PENILAIAN
1.
Teknik :
tes unjuk kerja
2.
Bentuk :
uji petik kerja procedure
3.
Instrumen :
Rearrange the
jumbled sentences into a good order of a procedure text based on the fragment
given and give a suitable title!
1.
While the noodle is being
cooked, put seasoning,
sweet soy sauce and chilly sauce in a bowl.
2.
Add noodle, stir slowly
for about three minutes.
3.
Boil 400 ml (2 glasses) of
water in a pan.
4.
Mie Sedaap is ready to be
served.
5.
Sprinkle fried crispy
onion.
6.
Put the cooked noodle into
the bowl with seasoning, sweet soy, sauce, and chilly sauce, mix well
7.
Take the cooked noodle
from the boiling water and drain it.
|
10 menit
|
|
|
PROCEDURE
PLANNING FRAME
TITLE :
|
MATERIALS :
|
STEPS: 1
2
3
4
5
6
7
|
|
Key Answer:
TITLE : How to cook Mie Sedaap
MATERIALS:
a packed of mie Sedaap, water, a pan
STEPS : 1. Boil 400 ml (2 glasses) of water in a pan.
2. Add noodle, stir slowly for about three
minutes.
3. While the noodle is being cooked, put
seasoning,
sweet soy sauce and chilly sauce in a bowl.
4. Take the cooked noodle
from the boiling water and drain it.
5. Put the cooked noodle
into the bowl with seasoning, sweet soy, sauce, and chilly
sauce, mix well.
6. Sprinkle fried crispy onion.
7. Mie Sedaap is ready
to be served.
RUBRIK
PENILAIAN:
a.
Bila title benar skor 10 bila salah skor
4
b.
Bila materials benar
skor 20
c.
Bila materials salah
satu skor 10
d.
Bila materials salah
semua skor 5
e.
Steps:
-
Betul satu urutan skor 10
-
Betul dua urutan skor 20
-
Betul tiga urutan skor 30
-
Betul empat urutan skor 40
-
Betul lima urutan skor 50
-
Betul enam urutan skor 60
-
Betul tujuh urutan skor 70
-
Salah semua skor 6
J. PEDOMAN PENILAIAN
Skor maksimal = 100
Skor minimal = 15
Nilai akhir
siswa = Skor
yang diperoleh
Mengetahui Binangun,
Kepala
Sekolah, Guru Mata
Pelajaran,
_____________________ SUKARDI, S.Pd.
NIP. NIP.
amazing
ReplyDelete:)