RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/I
Aspek Skill : Mendengarkan/Berbicara
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
·
STANDAR KOMPETENSI :
-
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam teks lisan fungsional
dan monolog pendek sederhana berbentuk report dan procedure untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat.
-
Berbicara
10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk report dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
·
KOMPETENSI DASAR :
-
Mendengarkan
7.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secra akurat lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat dalam teks berbentuk report dan procedure.
-
Berbicara
10.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk
report dan procedure.
·
INDIKATOR :
1.
Memahami dan merespon makna yang
terdapat dalam monolog pendek sederhana berbentuk prosedur.
2.
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek
sederhana berbentuk prosedur.
Jenis
Teks : Teks Prosedur
Tema : Hobby
Aspek
/ Skill : Mendengarkan dan berbicara
Alokasi
Waktu : 2 x 40
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.
Merespon perintah untuk melakukan
sesuatu
b.
Mengungkapkan perintah untuk melakukan
sesuatu
c.
Memaparkan cara melakukan sesuatu
B.
Materi Pembelajaran
a. Teks
procedure : Origami (How to make rabbit’s head using
paper)
A. Title : Make a rabbit’s head using paper
B. Equipments :
1. a
square paper
2. a
pencil or a pen
C. Steps
1.
First, fold the paper to make
triangle.
2.
And then, get your pencil or your
pen.
3.
Write down letter A at the top of
the triangle.
4.
Write down letter B at the right
side of the triangle.
5.
Write down letter C at the left
side of the triangle.
6.
Write down letter D at the middle
of B and C.
7.
Write down letter E at the middle
of A and B.
8.
Write down letter F at the middle
of A and C.
9.
The next, fold B corner backwards
along D and E line.
10.
Do the same to C corner. Fold
backward along D and F line, make it tidy.
11.
After that, turn over your paper.
12.
Then, fold C corner down, but the
position little higher than D.
13.
Do the same to B corner. Fold
down B corner and the position is little inside.
14.
Fold F corner a little inside.
15.
Fold E corner a little inside
too.
16.
And then fold down the triangle
along E and F line, make it tidy.
17.
Turn up your paper.
18.
Get your pen or pencil.
19.
Draw two little Zero as rabbit’s
eyes.
20.
Draw an ellipse between rabbit
eyes as rabbit’s nose, but little lower.
21.
Draw triangle under ellipse as
rabbit’s mouth.
22.
Finally, draw six line at the
right side and also at the left side of triangle as rabbit’s moustache.
Enjoy
yourself and Have fun!
|
b. Kosa
kata yang terkait : Letter, tissue sheet, paper, corner, etc
c. Imperative
sentences : Fold, draw, turn over
d. Sequencers : First, next, then, finally, etc
C.
Metode / Teknik
D.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Organisasi
Kelas/Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
· Salam
dan mangabsen siswa
Building Knowledge Of
the Field (BKOF)
· Berlatih
merespon perintah (Imperative)
· Berlatih
mengungkapkan dan merespon perintah
·
Melakukan tanya jawab tentan tema
|
K
/ 5’
K
/ 15’
|
2.
|
Kegiatan Inti
Modelling Of the Text
(MOT)
· Melipat
kertas berdasarkan instruksi guru
Joint Construction Of
the Text (JCOT)
·
Menyusun draf procedure tentang cara melipat kertas atau tisu secara
berkelompok.
·
Mempresentasikan teks procedure tentang cara melipat kertas atau tisu di
depan kelas.
|
K
/ 20’
G
/ 20’
G
/ 15’
|
3.
|
Kegiatan Penutup
· Siswa
membuat teks procedure tentang cara melipat kertas atau tisu menjadi bentuk
secara individu (PR).
|
I
/ 5’
|
Keterangan
:
K : Kegiatan
Klasikal
G : Kegiatan
Group / Kelompok
I : Kegiatan
Individual / Pribadi
E.
Sumber Belajar
1.
Contoh teks procedure
2.
Kertas
3.
Skrip
F.
Penilaian
1.
Tekknik : Tes
lisan dan Unjuk Kerja
2.
Bentuk : Pertanyaan lisan dan produk
3.
Instrumen : 1. What is your hobby?
2.
Can you draw? etc
G.
Pedoman Penilaian
1.
Mendengarkan
a.
Tiap
instruksi benar diberi skor 1
b.
Skor maksimal 1 x 20 = 20
c.
Nilai maksimal 100 (20 x 5 )
2.
Berbicara
Rubrik
penilaian
a.
Prononciation
1 – 10 Hampir
semua pengucapan salah
11 – 20 Sebagian
besar pengucapan salah
21 – 30 Sebagian
besar pengucapan salah
31 – 40 Semua
pengucapan benar
b.
Fluency
1 – 5 Terputus
putus
6 – 10 Sering
mengulang
11
– 15 Cukup lancar
16
– 20 Lancar
c.
Grammar
1 – 5 Tidak
benar
6 – 10 Sebagian
besar salah
11 – 15 Sebagian
besar salah
16 – 20 Semua
benar
d.
Voice/Intonation
1 – 5 Hampir
semua intonasinya salah
6 – 10 Sebagian
besar intonasinya salah
11
– 15 Sebagian besar intonasinya
salah
16
– 20 Semua intonasinya benar
No
|
Nama
|
Pronunciation
|
Fluency
|
Grammar
|
Intonation
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Binangun,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
_________________ Sukardi,
S.Pd.
No comments:
Post a Comment