RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / 1 (satu)
Jenis Teks :
Fungsional Pendek
Tema : Technology
Aspek / Skill :
Membaca
Alokasi Waktu :
2 X 40 Menit
A. Standar
Kompetensi:
Membaca
5. Memahami
makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
5.2 Merespon
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat
lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
5.2.1 Mengidentifikasi
makna yang terdapat dalam teks fungsional pendek: pengumuman dan iklan.
5.2.2 Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks fungsional pendek: pengumuman dan iklan.
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran siswa dapat:
1. Mernemukan
informasi tersurat dan tersirat dalam teks berbentuk pengumuman dan iklan.
2. Menemukan
kata tertentu dalam teks berbentuk pengumuman dan iklan.
E. Materi
Pembelajaran
a. Teks
fungsional pendek—pengumuman
Pengumuman adalah salah satu
jenis teks fungsional yang digunakan untuk menginformasikan
tentang
sesuatu, kegiatan ataupun peristiwa. Secara umum dalam sebuah teks pengumuman
memuat tentang informasi apa, kapan, dimana serta siapa yang bisa dihubungi
mengenai kagiatan atau peristiwa yang dimaksusd.
Read
the announcement and answer the questions!


Questions:
1. What
competition will be held at school?
2. Why
will the school hold the competition?
3. What
time will the competition be held?
4. Whom
can the students get more information?
b.Text fungsional pendek – iklan
Teks fungsional pendek berbentuk iklan pada umumnya digunakan
untuk mengenalkan, mempromosikan
ataupun menawarkan suatu produk barang maupun jasa. Dalam teks tersebut pada
dasarnya memuat beberapa informasi, diantaranya jenis produk, dimana bisa
diperoleh, apa saja keunggulannya, berapa harganya dan beberapa informasi
spesifik lain yang berhubungan dengan produk tersebut.
Read the following ads!

Answer
the questions :
1. What
is being advertised?
2. Does
the computer shop have many stocks of computer?
3. Can
the buyer get information by phoning?
4. What
is the purpose of the advertisement above?
d.
Kosa kata terkait dengan materi pembelajaran: announcement, anniversary,
computer,
competition, advertisement, price,
reasonable .
F. Metode/Teknik:
Three Phase Technique
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan:
a.
Tanya jawab mengenai berbagai hal terkait dengan kondisi siswa: 5 menit
-
How are you?
-
Who is absent today?
b.
Guru bertanya dan siswa menjawab berbagai hal terkait dengan pengumuman 10 menit
iklan.
-
How can your school tell about the school activities?
-
Have you heard or read an announcement?
-
How can a factory promote its products?
-
Where can we find an advertisement?
-
Mention some vovabularies related to announcement and ads
2.
Kegiatan Inti:
a. Siswa membaca pengumuman. 5 menit
b. Siwsa menjawab pertanyaan dari pengumuman. 5 menit
c. Bersama guru, siswa membahas pertanyaan dari
pengumuman. 10 menit
d. Siswa membaca iklan.
5 menit
e. Siswa menjwawab pertanyaan dariu iklan. 5 menit
f.
Bersama
guru, siswa membahas pertanyaan dari iklan. 5 menit
3. Kegiatan
Akhir:
a.
Guru menanyakan kesulitan siswa dalam pemahaman. 5 menit
b.
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi pembelajaran tersebut. 5 menit
c.
Guru member I tugas kepada siswa untuk
mencari contoh pengumuman dan iklan
berbahasa Inggris dari Koran atau majalah.
H. Sumber
Belajar
1.
Contoh pengumuman dan iklan
2.
Buku teks yang relevan
3.
Kamus Bahasa Inggris
I. Penilaian
1.
Teknik : Tes tulis
2.
Bentuk : Tes membaca
3.
Instrumen :
a. Read the text and answer the questions! 20 menit

Questions:
1. What
kind of course is offered in the announcement above?
2. What
facilities are available in the course?
3. Where
can the students get more information?
4. Whom
may the announcement write especially for?
5. Who
may the owner of “Success Computer Course”
No.
|
Key
Answer
|
Score
|
Ket.
|
1.
|
Computer course
|
10
|
|
2.
|
Professional teachers, complete facilities,
friendly athmosphere of the class
|
10
|
|
3.
|
At the office of OSIS of SMPN 1 Binangun
|
10
|
|
4.
|
The students of SMPN 1 Binangun
|
10
|
|
5.
|
OSIS of SMPN 1 Binangun
|
10
|
|
|
TOTAL
|
50
|
|
b.
Read
the text and answer the questions!

Questions:
1.
What is being advertised?
2.
Is the calculator long lasting?
3.
What is the calculator made of?
4.
How many colours are the calculator produced?
5.
How much does the calculator cost?
No.
|
Key
Answer
|
Score
|
Ket.
|
1.
|
Modern electronic calculator
|
10
|
|
2.
|
Yes, it is
|
10
|
|
3.
|
Fibre
|
10
|
|
4.
|
Six colours
|
10
|
|
5.
|
Rp 900.000,00
|
10
|
|
|
TOTAL
|
50
|
|
Rubrik Penilaian:
a. Bila jawaban benar skor 10
b. Bila jawaban
salah skor 2
c. Bila tidak ada
jawaban skor 0
J. Pedoman Penilaian:
Skor maksimal = 100
Skor minimal = 0
Nilai akhir siswa = skor yang
diperoleh
Mengetahui Binangun,
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
__________________ SUKARDI, S.Pd.
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment